Pentingnya Merawat Sparepart Kendaraan

 

sparepart kendaraan

Memiliki kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, sekarang sudah menjadi hal yang lumrah. Hampir di setiap rumah bisa kita jumpai, pasti setidaknya ada satu buah sepeda motor di dalamnya sebagai kendaraan operasional sehari-hari.

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi pemilik kendaraan, bahwa yang namanya sparepart kendaraan itu harus dirawat dan diganti secara berkala. Buat yang belum mengetahui apa itu sparepart, sparepart adalah komponen atau barang yang menjadi suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Dalam kendaraan biasa disebut onderdil atau suku cadang. Peran sparepart sangat penting dalam kendaraan serta perlu diperhatikan atau dicek secara berkala sehingga bila terjadi kerusakan bisa segera menggantinya. Hal ini untuk memastikan performa kendaraan selalu baik. Tujuan lebih spesifiknya apa saja? 

1. Mengoptimalkan kinerja kendaraan

Sparepart yang dirawat dengan baik bisa mengoptimalkan kinerja kendaraan. Mengapa demikian? Karena komponen yang aus atau rusak dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan, seperti akselerasi yang lambat, pengereman yang kurang pakem, atau masalah-masalah lainnya. 

2. Memastikan keamanan serta kehandalan selama pemakaian kendaraan di perjalanan

Kurang optimalnya kinerja kendaraan seperti yang disebutkan di atas, tentu saja bisa mengurangi tingkat keamanan suatu kendaraan. Sparepart yang tidak terawat bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Bayangkan, banyak sekali bukan kejadian rem blong atau tidak berfungsi yang kemudian bisa menyebabkan kecelakaan pada pengendaranya? Jangan sampai hal seperti itu terjadi pada kita ya.... Maka dari itu kita harus menyadari pentingnya merawat dan mengganti sparepart kendaraan secara berkala.

3. Menghemat biaya perawatan kendaraan

Biaya perbaikan juga bisa lebih murah karena terhindar dari kerusakan sangat parah. Andaikan sparepart kendaraan tidak dirawat dan diganti secara berkala, bisa dipastikan kerusakan kendaraan akan semakin menumpuk. Jika sudah demikian, bisa jadi biaya perawatannya akan semakin mahal karena banyaknya kerusakan pada kendaraan.

4. Mendongkrak nilai jual kendaraan

Kendaraan yang dirawat dengan baik bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Kondisi seperti ini berlaku buat yang mau menjual mobil atau sepeda motor bekas kepada orang lain. Kita ketahui bahwa pembeli cenderung lebih tertarik pada kendaraan yang memiliki catatan perawatan yang baik, karena lebih meyakinkan bahwa kendaraan tersebut dalam kondisi baik.

5. Efisiensi penggunaan bahan bakar kendaraan

Kondisi sparepart yang terawat, seperti filter udara, busi, dan injektor bahan bakar, akan membantu mesin kendaraan untuk bekerja lebih efisien. Ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghemat biaya operasional sehari-hari.

6. Menambah usia pemakaian kendaraan

Manfaat yang terakhir ini sangat berguna bagi kaum yang setia dengan satu kendaraan. Yup, dengan rajin merawat atau mengganti sparepart kendaraan, biasanya bisa menambah usia pakai kendaraan tersebut agar jadi lebih lama dibandingkan dengan kendaraan yang kurang terawat. Hal ini disebabkan karena kondisi mesin dan komponen suku cadang lain pada kendaraan yang dirawat itu akan terus dipastikan tetap dalam kondisi baik seperti dalam keadaan baru oleh pemiliknya. Makanya, usia pemakaian kendaraan bisa lebih lama. 

Pada intinya, bisa kita simpulkan bahwa dengan merawat atau mengganti sparepart kendaraan secara teratur atau dengan mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan, maka kalian dapat memastikan bahwa kendaraan akan tetap dalam kondisi prima, aman, dan nyaman saat di perjalanan.

Nah, buat kalian yang sehari-harinya sibuk kerja atau berkegiatan penuh dan ingin mencari sparepart kendaraan secara online, bisa banget cek produk-produknya di Planet Ban. Ketersediaan produk sparepart di Planet Ban tergolong lengkap sih menurutku. Cek langsung aja deh biar lebih jelas...

10 Responses to "Pentingnya Merawat Sparepart Kendaraan"

  1. Bener banget, kalo kendaraan kelihatan kinclong, bagus mesinnya, biasanya akan menambah nilai jualnya di pasaran saat dijual kembali

    ReplyDelete
  2. Bener banget, kalo kendaraan kelihatan kinclong, bagus mesinnya, biasanya akan menambah nilai jualnya di pasaran saat dijual kembali

    ReplyDelete
  3. Wah artikel yang sangat menarik, betul sekali kebersihan spare part sangat penting namun sering terlupa bagi kami para perempuan, terima kasih artikelnya sangat membantu kami para perempuan agar lebih aware dengan kendaraan kami

    ReplyDelete
  4. Berkendara menjadi aman , sampai ke tujuan dengan selamat. Apalagi ban menjadi alat gerak utama kendaraan.

    ReplyDelete
  5. Wah artikel yang sangat menarik, betul sekali kebersihan spare part sangat penting namun sering terlupa bagi kami para perempuan, terima kasih artikelnya sangat membantu kami para perempuan agar lebih aware dengan kendaraan kami

    ReplyDelete
  6. Pastinya, membuat berkendara makin nyaman

    ReplyDelete
  7. Setuju. Merawat kendaraan sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi seseorang yang selalu membawa kendaraan pribadi. Mengganti spare part secara berkala dan service rutin dapat mengurangi hal2 yang tidak diinginkan saat berkendara.

    ReplyDelete
  8. Makasih mba Wid tipsnya. Aku lagi edih kemarin nabrak pintu knalpotnya retak hiks. Gara2 nggak pas nge masukin motornya hehehe

    ReplyDelete
  9. Bener banget nih, mosok bisa naik motor gak mau merawat motor nya ya. Terima kasih tips nya ya kakak ..

    ReplyDelete
  10. Bener banget,seringnya lupa service atau ganti spare part biasanya malah tambah boncos. Biaya perbaikan semakin membengkak.

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel